Tujuh Inovasi Penyeludupan Narkoba di Indonesia

stop narkoba

Surakarta, SOLORAYA.ID – Pengedar narkoba tidak pernah jerah akan metode yang dipakai dalam mengelabui petugas supaya terhindar dari jeratan hukum. Modus yang dilakukan pengedar untuk mendistribusikan barang haram ini terus berkembang.

Sanksi dan jeratan hukum yang akan menunggu para pengedar narkoba seolah tidak digubris pengedar atau pelaku kejahatan lintas negara, provinsi dan daerah ini, yang penting bagi pengedar hanya keuntungan meski diatas penderitaan orang lain dan kerugian negara.

Korban dari adanya narkoba ini di ruang publik sampai saat ini datang dari berbagai lapisan masyarakat, mulai dari seniman, politisi, aparatur sipil negara, dan masyarakat umum di berbagai daerah di Indonesia.

Berdasarkan Undang-Undang Narkotika, pengedar tak diatur secara eksplisit dalam Undang-Undang No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika (UU Narkotika). Namun bila merujuk ke Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengedar adalah orang yang mengedarkan, yakni orang yang membawa (menyampaikan) sesuatu dari orang yang satu kepada yang lainnya.

Baca Juga:  APBD Triliunan Tersimpan di Bank, Mendagri Singgung Kepentingan Pengusaha

Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, para pengedar narkoba tersebut semakin kreatif untuk “berdagang” narkoba kepada generasi muda bangsa ini. Hal ini bisa menjadi sebuah “pekerjaan rumah” yang besar, terutama bagi petugas hukum dan masyarakat agar lebih waspada terhadap modus-modus yang mereka lancarkan.

Berapa modus yang berhasil diungkap penegak hukum dalam memutus rantai penyebaran narkoba, diantaranya:
1. Memasukkan ke dalam tabung mesin tambal ban (kompresor).
2. Mengisi narkoba dalam biji kopi.
3. Menyimpan dalam buah kurma.
4. Narkoba dimasukkan ke dalam tahu.
5. Mencampur narkoba ke dalam karung jagung.
6. Dalam kotak bantuan sosial (bansos).
7. Narkoba dimasukkan ke bungkus snack dan deodorant.

Baca Juga:  Kontruksi Penahanan Budiman Saleh di Kasus Korupsi PT DI

Berkembang kreasi dalam modus ini membuktikan bahwa pelaku terus berinovasi. Para penegak hukum di Indonesia juga harus lebih waspada dalam memberantas narkoba ini, agar masyakarakat Indonesia semakin bersih dari barang haram ini. **

Tags: , ,