Tujuh Minuman Tradisional Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

minuman khas Indonesia

Surakarta, SOLORAYA.ID – Tinggal di Indonesia memang menyenangkan. Aneka makanan yang lezat tersedia di sini. Beragam minuman segar pun ada. Selain nikmat, minuman khas Indonesia juga memiliki khasiat positif dan menyehatkan. Minuman apa yang biasa Anda minum?

Seperti diketahui bersama, minuman tradisional Indonesia memang cukup banyak, ada yang dapat menyegarkan dahaga, namun banyak juga yang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan atau pengobatan.

Disamping memberi rasa khas nusantara, minuman tradisional ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.
Beberapa minuman tradisional yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
1. Wedang uwuh
Wedang Uwuh merupakan minuman khas dari daerah Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Sering disebut sebagai ‘wedang sampah’, minuman dengan warna khas merah ini terbuat dari rebusan berbagai macam rempah seperti pala, cengkeh, kayu manis, jahe, dan serutan kayu secang.

2. Bajigur
Bajigur merupakan minuman penghangat badan khas Sunda yang cocok sekali jika diminum saat cuaca dingin. Lebih nikmat lagi jika diminum bersama camilan seperti kacang rebus, ubi rebus, klepon, gorengan, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Angka Covid-19 Solo Muncul 8 Kasus Baru

3. Jamu kunyit asam
Jamu kunyit asam, adalah salah satu jenis minuman dari jenis jamu yang cukup popular di kalangan masyarakat. Minuman yang terbuat dari kunyit dan asam ini memang kaya akan manfaat, dan terbukti dapat mengatasi atau mengobati beberapa jenis penyakit tertentu, antara lain dapat menetralisir racun dalam tubuh, digunakan sebagai minuman diet karena dapat membakar lemak dalam tubuh, dapat mengatasi infeksi pada tubuh, dapat memperlancar haid, mencerahkan kulit, dapat memperlambat proses penuaan dini, dan dapat menghilangkan bau badan.

4. Bandrek
Minuman tradisional asal Jawa Barat ini sepertinya memang sudah cukup populer. Bahan utamanya adalah jahe dan gula merah. Selain dikenal untuk menghangatkan suhu tubuh, bandrek juga berkhasiat untuk mengobati perut kembung/masuk angin, menurunkan tekanan darah, mencegah peradangan, dan juga baik dikonsumsi bagi penderita rematik.

5. Beras Kencur
Minuman ini dapat digunakan untuk mengatasi pegal linu, dapat meningkatkan nafsu makan, mempertebal dinding lambung, mengatasi masuk angin, meningkatkan sistem imun tubuh, mengatasi batuk, sebagai analgesik / meredakan nyeri, melangsingkan tubuh, dapat mengatasi perut mulas, sebagai obat sariawan.

Baca Juga:  Acara Ulang Tahun Keluarga Asal Bumi Solo Bikin Rantai Covid-19 Jadi Panjang

6. Kunyit asam
Kunyit asam dikenal sebagai minuman kesehatan untuk wanita. Jamu yang satu ini dipercaya bisa melancarkan haid, mengatasi bau badan, dan menghaluskan kulit. Selain baik untuk wanita, khasiatnya juga bisa dirasakan semua orang. Pasalnya kunyit memang kaya akan antioksidan yang baik untuk tubuh.

7. Sarabba
Minuman dari Makasar ini dipercaya bisa memulihkan stamina, karena adanya kandungan kuning telur di dalamnya. Cocok diminum untuk mengusir masuk angin, mencegah flu.

Minuman tradisional yang sudah ada sejak dulu dan bertahan sampai sekarang merupakan bukti kalau memang minuman berkasiat sehingga bertahan sampai saat ini. Meskipun saat ini, dari beberapa minuman itu telah kena sentuhan dalam penyajian.

Mari jaga daya tahan tubuh dengan dengan minuman tradisional Indonesia. Cintai minuman Indonesia. **

Tags: ,