Ungkap Ketua MPR Perihal Kode Reshuffle Kabinet Jokowi

Teguran Keras Jokowi Kepada Para Menteri Direspon Secara Positif

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan para pemimpin Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (7/8/2020). Pada kesempatan itu, perombakan kabinet juga menjadi bahan pembicaraan.

“Tadi Pak Syarief Hasan (Wakil Ketua MPR Syarief Hasan) juga menyampaikan soal reshuffle. Presiden menyampaikan bahwa ini adalah masih kewenangan beliau, nanti akan… jadi tidak tahu apakah reshuffle atau tidak,” ujar Ketua MPR Bambang Soesatyo dalam siaran pers setelah pertemuan.

Selanjutnya, kata Syarief, Pak Presiden secara implisit menginginkan kabinet ini bekerja secara maksimal.

“Secara implisit begitu. Jadi silakan diartikan. Saya pikir itu,” katanya.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratiknosudah angkat berbicara tentang reshuffle. Menurutnya, perombakan kabinet sekarang sudah tidak relevan karena peringatan yang disampaikan kepala negara sudah ditindaklanjuti.

Baca Juga:  Menperin Sebut Peningkatan Pengolahan Sagu Jadi Program Prioritas

“Kalau progresnya bagus, ngapain reshuffle? Dengan progres yang bagus ini, reshuffle tidak relevan,” ujar Pratikno di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Senin (6/7/2020).

“Sejauh bagus dan terus nggak relevan lagi di reshuffle. Jadi jangan ribut lagi reshuffle karena progres kabinet,” lanjutnya.

Pratikno menjelaskan bahwa teguran yang diucapkan beberapa waktu lalu oleh Jokowi tidak terlepas dari kekecewaan kepala negara terhadap jajaran menteri. Namun, sekarang kekecewaan tersebut sudah ditindaklanjuti para pembantu presiden.

“Mengapa beliau sampaikan teguran keras kepada kita semua, kepada kami agar mempercepat kinerja terutama sekali lagi persoalan ekonomi segera diselesaikan, bansos harus segera sampai pelosok, program pemerintah yang membantu daya beli dipercepat,” kata Pratikno.

Baca Juga:  KPK Periksa Eks Anggota DPRD Sumatera Utara Syamsu Hilal

“Teguran keras tersebut punya arti signifikan. Teguran keras dilaksanakan cepat oleh kabinet. ini progres yang bagus,” lanjutnya.

Tags: , ,