Universitas Sebelas Maret Menyelenggarakan UMBK

Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret (UNS) menyelenggarakan UMBK (Ujian Masuk Berbasis Komputer) pada hari ini (20 Juli 2020) di lingkungan kampus UNS yang berada kampus utama Kentingan.

Pelaksanaan ujian penerimaan mahasiswa baru khususnya tingkat perguruan tinggi tahun ini (2020), terdapat perbedaan yang kontras dibandingkan dengan penerimaan mahasiswa tahun sebelumnya.

Hal utama yang sangat berbeda tahun, yaitu adanya aturan yang harus dilaksanakan dan dipatuhi seluruh panitia beserta semua peserta yang mengikuti UMBK 2020. Aturan yang dimaksud yaitu protokol kesehatan yang wajid diikuti dan dilaksanakan sesuai arahan dari protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19.

Berdasarkan wawancara singkat dengan salah satu peserta UMBK yang tidak mau disebutkan namanya, mengatakan bahwa peserta UMBK wajib mengikuti protokol kesehatan, seperti penggunaan sarung tangan, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak saat berada di lingkungan ujian.

Baca Juga:  Nama Solo Dipakai Bhayangkara FC, Bagaimana Nasib Persis Solo?

Panitia penyelenggara ujian masuk berbasis komputer tahun ini, tentu harus bekerja lebih ekstra, waspada, dan penuh risiko, namun karena hal tersebut telah menjadi sebuah tugas dan tanggung jawab, maka harus dilaksanakan dengan sebaik mungkin.

Covid-19 memang menjadi salah pengubah tata administrasi saat ini dalam berbagai hal khususnya lingkungan pendidikan. Covid-19 mau tidak mau harus direspon seluruh stakeholder di lingkungan pendidikan dengan memandang bagaimana melihat kejadian ini meningkatkan perbaikan sistem pendidikan.

Belajar, berpikir, dan mengambil tindakan positif merupakan sesuatu hal yang bisa dilakukan saat ini, agar tatanan kehidupan khususnya dunia pendidikan berbenah diri supaya lebih baik.

Situasi dan Kondisi tidak untuk disesali, namun bagaimana meresponnya dengan penuh optimisme dan berpikir bisa menyelenggarakan suatu acara dengan lebih tertata dan efektif walaupun dalam kondisi yang membuat tidak merasa aman dan nyaman saat berada di posisi tersebut.

Tags: , ,