Usaha Kerajinan Kayu di Masa Covid-19

Pengrajin Kayu

Sukoharjo, SOLORAYA.ID – Kerajinan kayu merupakan usaha yang sudah ada di Desa Morisan, Kecamatan Pulon Harjo, Sukoharjo. Banyak jenis usaha kerajinan kayu yang diguluti masyarakat setempat.

Abdul Basir salah satu pengrajin kayu di Desa Morisan merupakan generasi penerus dalam menjalakankan usaha kerajinan kayu.

Usaha yang dilakukan ini telah ditekuni lebih dari enam tahun. Basir sebelumnya belum pernah mengikuti pelatihan yang diberikan pemerintah dalam menjalankan usahanya, namun belajar otodidak dan melihat langsung mertuanya yang dulu juga pengrajin kayu.

Dalam menjalankan usahanya, Abdul Basir sering ditemani istrinya, jika sedang tidak kerja di perusahaan yang berjarak tidak terlalu jauh dari rumah mereka tinggal.

Baca Juga:  Operasi Masker Siap Sasar Perkampungan di Solo

Basir mengunggkapkan kalau jenis kayu yang digunakan dalam membuat produk merupakan jenis kayu waru. Produksi dalam sehari usahanya bisa mencapai 300 buah dalam berbagai ukuran dan jenis sesuai pesanan.

Produk yang dibuatnya dipasarkan ke berbagai tempat setelah disetorkan ke salah satu pengepul yang menjadi langganan dan rekanan usahanya tersebut. Basir menuturkan produknya ada yang dijual di Jawa Tengah dan Jawa Barat. Produk yang dihasilkan yaitu handle pisau, parang, dan sabit.

Namun, sejak adanya Covid-19 ini, Basir menuturkan kalau proses penjualannya sempat mengalami perlambatan dan penjualan yang menurun.

Dalam proses produksi, Basir menuturkan dalam proses produksi tidak mengalami banyak hambatan sampai saat ini.

Baca Juga:  Hotel Jadi Pilihan Tempat Isolasi Pasien Covid-19, PHRI Solo Serahkan Keputusan pada Manajemen

Kendala yang biasa mereka hadapi ketika proses produksi biasanya mengalami pemadaman listrik. Untuk mensiasati hal tersebut biasanya mereka mengalihkan kegiatan ke tahap produksi yang tidak membutuhkan listrik.

Basir menuturkan semoga Covid-19 cepat berlalu, agar masyarakat bisa kembali bekerja secara normal kembali sambil menata hasil kerajinannya dan tersenyum riang. **

Tags: , ,