Vaksin Covid-19 untuk Anak-anak dan Bayi dalam Tahap Uji

Vaksin Covid-19 untuk Anak-anak dan Bayi dalam Tahap Uji

Seperti yang diketahui, pemerintah telah mengumumkan terkait rencana sekolah tatap muka secara terbatas pada Juli 2021. Sehubungan dengan hal itu, sejumlah vaksin Covid-19 sedang diuji untuk anak-anak dan bayi.

Vaksin Covid-19 memang diprediksi belum akan siap untuk digunakan secara luas bagi anak-anak setidaknya sampai tahun ajaran 2022-2023.

Tetapi sudah ada beberapa negara yang memberi izin darurat terkait penggunaan vaksin untuk kelompok usia remaja ke atas.

Jika melihat pada Indonesia, Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan menyampaikan bahwa hingga saat ini, belum ada uji klinis yang dilakukan seluruh produsen vaksin Covid-19 terkait dengan anak-anak.

Dalam konferensi pers secara virtual yang digelar Kemendikbud pada hari Selasa (30/3/2021) lalu, Budi menuturkan, “Soal vaksinasi anak, sampai sekarang belum ada uji klinis yang dilakukan oleh seluruh vaksin yang ada terkait dengan anak. Baru diawali saja kajiannya”.

Baca Juga:  Dishub Solo: Transportasi Dalam Kota Tetap Jalan

Tetapi, saat ini ada tiga vaksin Covid-19 yang menjanjikan bisa segera diberikan pada anak-anak.

Melansir dari detikinet hari Sabtu (3/4/2021), berikut ini perkembangan dari keempat vaksin tersebut:

1. Pfizer – BioNTech

Pfizer dan BioNTech yang telah mendapatkan izin edar darurat atas vaksinnya pada Desember lalu, menyertakan remaja berusia 12 tahun hingga 15 tahun dalam uji klinisnya. Sebanyak 2.259 relawan remaja sudah direkrut Pfizer untuk uji klinis vaksin tersebut dan diperkirakan hasil uji klinis baru tersedia di bulan Juni.

2. Moderna

Mendapatkan lisensi di bulan Desember juga menempuh jalur yang sama dengan Pfizer. Pada bulan Desember, Moderna mulai menguji vaksin itu ke remaja yang berusia di antara 12 hingga 17 tahun.

Baca Juga:  Pemkab Sukoharjo Rumuskan Regulasi yang Atur Kegiatan Bulan Puasa

3. AstraZeneca – Oxford

University of Oxford yang bermitra dengan AstraZeneca pun mulai menggelar uji klinis vaksinnya ke kelompok umur yang lebih muda pada Februari lalu. Pengujian tersebut akan menentukan apakah vaksin efektif untuk anak-anak berusia antara 6 tahun dan 17 tahun.

4. Biotec – Sinopharm

Vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh China National Biotec Group (CNBG), anak perusahaan Sinopharm, diklaim aman digunakan bagi anak usia 3 hingga 17 tahun. Vaksin tersebut diharapkan bisa segera disetujui pemerintah China sehingga bisa langsung digunakan.

Tags: , ,