Vaksinasi Untuk Guru di Karanganyar Diupayakan Usai Lebaran

Vaksinasi Untuk Guru di Karanganyar Diupayakan Usai Lebaran

Pelaksanaan vaksinasi kepada guru di wilayah Kabupaten Karanganyar sebagai syarat uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) belum pasti.

Pasalnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) di kabupaten berjuluk Bumi Intanpari itu masih menunggu arahan dari pemerintah pusat.

Sundoro selaku Plt. Kepala Dinkes Karanganyar menyampaikan bahwa pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk para guru masih belum bisa dilakukan dalam waktu dekat.

Hal tersebut karena prioritas vaksinasi masih ditujukan untuk masyarakat lanjut usia (lansia).

Sundoro mengatakan bahwa vaksinasi guru baru akan ditentukan setelah menerima stok vaksin selanjutnya.

Pada hari Senin (22/3/2021), Sundoro mengatakan, “Kami masih belum bisa mengatakan secara pasti kapan guru akan diberikan vaksin. Karena kami masih harus menunggu perintah dan arahan dari pusat terkait prioritas sasaran vaksin selanjutnya. Karena beberapa kasus sebelumnya terjadi perubahan target prioritas dari rencana awal seperti lansia yang sekarang didahulukan dibandingkan petugas pelayanan umum karena risiko lansia lebih tinggi”.

Pihaknya menambahkan bahwa data guru-guru di Karanganyar sudah diterima dan dimasukan dalam kategori prioritas vaksinasi Covid-19.

Ia menuturkan bahwa pemberian vaksin untuk tenaga pendidik diupayakan bisa dilakukan setelah Lebaran 2021 mendatang.

Sundoro menambahkan, “Ini kan masih agak lama untuk uji coba PTM. Rencananya kan setelah Lebaran akan dilaksanakan. Jadi tergantung nanti berapa dosis yang kami dapatkan. Tapi kami tetap usahakan sebelum uji coba atau setelah Lebaran guru bisa divaksin”.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar berharap persiapan untuk pembelajaran tatap muka (PTM) bisa dirampungkan sebelum pelaksanaan uji coba.

Nurini Retno Hartati selaku Sekretaris Disdikbud Karanganyar berharap vaksinasi Covid-19 untuk guru bisa dilakukan secepatnya untuk memperlancar persiapan pelaksanaan uji coba PTM.

Tags: , ,