Viral Avanza Masuk Jalur BST Solo, Pengemudi Mobil Ditilang

Viral Avanza Masuk Jalur BST Solo, Pengemudi Mobil Ditilang

Beberapa waktu lalu, media sosial dihebohkan dengan sebuah video adu banteng antara Avanza dan bus BST Koridor 1 yang terjadi di jalur contra flow Jl Slamet Riyadi, Solo hari Sabtu (17/4/2021).

Dalam postingan yang diunggah oleh akun Instagram @energisolo tersebut, video berdurasi 30 detik itu menunjukkan mobil Avanza dari arah barat berada tepat di depan BST dari arah timur. Toyota Avanza berpelat AD 1961 MA itu kemudian mundur perlahan.

Pada hari Selasa (19/4/2021), Kompol Adhytiawarman Gautama Putra selaku Kasatlantas Polresta Solo menuturkan, seluruh pihak yang terlibat dalam video itu telah memenuhi panggilan ke Mako Satlantas Polresta Solo.

Adhytia menyebut bahwa pihak-pihak yang dipanggil yakni pengemudi Avanza berinisal TGT, 56, warga Solo, pengemudi BST berinisial TM, 37, dan rekannya S, 36.

Pihaknya menambahkan video viral yang beredar diambil kru bus BST dan seusai pemeriksaan pengemudi Avanza dikenai sanksi tilang.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, kata dia, sopir avanza berinsial TGT telah melanggar Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan UU No 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Kita lakukan penindakan tilang kepada saudara TGT”, kata Adhytia.

Ia mengakui masih banyak kendaraan yang masuk ke jalur contra flow BST.

Hal tersebut lantaran pengendara tidak sabar menunggu lampu APILL.

Anggota kepolisian berulang kali menilang pengemudi yang melanggar jalur contra flow.

“Sudah sering terjadi namun yang viral jarang. Paling banyak kendaraan roda empat. Rambu-rambu sudah banyak, masyarakat wajib mematuhi aturan itu,” jelasnya.

Tags: , ,