Viral, Kisah Pendaki Tersesat di Lawu Selamat Usai ‘Dituntun’ Burung Jalak

Viral, Kisah Pendaki Tersesat di Lawu Selamat Usai 'Dituntun' Burung Jalak

Video mengenai kisah seorang pendaki Gunung Lawu yang tersesat kemudian selamat karena mengikuti seekor burung jalak viral di sosial media.

Sempat tersesat, pendaki tersebut akhirnya dapat bertemu kembali dengan rombongannya setelah ‘dituntun’ oleh burung Jalak.

Dari video yang diunggah di sosial media TikTok tersebut, tampak seekor burung berwarna gelap yang terlihat seperti sedang menuntun pendaki yang merekam video.

Dalam video yang viral itu, burung tersebut tidak terbang melainkan melompat-lompat kecil mengikuti jalur pendakian.

Pendaki yang ada pada video mengatakan, “Subhanallah dituntun sama jalaknya, terima kasih. Tuh, kelihatan kita dituntun sama jalak penghuni Lawu. Subhanallah, terima kasih”.

“Jadi crita nya saya tersesat di lawu berdua sama kawan..Kono katanya klu di gunung Lawu,klu tersesat, insy ketemu jalak kita akan di tuntun”, tulis pengunggah video.

Baca Juga:  Nikmati Acara Solo Batik Music Festival 2022 di Pamedan Pura Mangkunegaran Solo 1-2 Oktober 2022

Untuk informasi, video tersebut diunggah oleh akun TikTok @mocha_doank. Baru diunggah dua hari, video ini sudah dilihat sebanyak 3,1 juta pengguna, serta mendapatkan 260 ribu like dan menuai 6.118 komentar.

Sang pengunggah mengatakan bahwa pengalaman tersebut didapatnya ketika mendaki Gunung Lawu pada bulan Agustus 2020, namun baru sempat dibaginya di dua hari yang lalu melalui TikTok.

Pemilik akun @mocha_doank itu juga bercerita, bahwa mulanya, ia dan rombongan mendaki gunung yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur itu melalui rute yang sudah tersedia.

Di tengah perjalanan mendaki itu, salah satu orang dalam rombongan itu mengaku kelelahan. Ia pun memutuskan untuk menemani temannya beristirahat sejenak.

Tetapi, mereka malah tertinggal oleh rombongan yang berangkat bersama mereka tadi.

Baca Juga:  Keraton Solo Menggelar Kirab Gunungan Sekaten Solo, Sabtu 8 Oktober 2022

Ia yang memang baru pertama kali naik Gunung Lawu, mengaku belum mengenal dengan baik jalur-jalur pendakian Lawu.

Terpisah dari rombongannya, ia tinggal berdua dengan rekannya. Saat itu dirinya bahkan sempat putus asa lantaran jalan setapak yang ditempuhnya ternyata buntu.

Mereka berdua tetap berusaha mencari jalan keluar untuk menuju rute pendakian. Hingga kemudian, seekor burung jalak muncul di hadapan mereka.

Bahkan, saat kedua pendaki tersebut berhenti karena kelelahan, sang burung jalak ikut berhenti seolah menunggu keduanya beristirahat.

“Jalaknya benar-benar nuntun kita. Pas kita berhenti burungnya pun ikut berhenti pas kita mau jalan jalaknya langsung muncul sambil terus jalan,” ungkapnya.

Tags: , ,