Waduh, Deklarasi Kampanye Damai Tapi Paslon Hartanto-Joko Purnomo dan Joko Supoto-Setyo Sukarno Sama-sama Mempertahankan ‘Nyawiji’

kampanye damai wonogiri

Deklarasi kampanye damai tapi paslon Hartanto-Joko Purnomo dan Joko Supoto-Setyo Sukarno sama-sama mempertahankan pendapat ketika proses penandatanganan deklarasi yang berlangsung di Wonogiri (26/9/2020).

Masing-masing kubu Hartanto-Joko Purnomo dan Joko Supoto-Setyo Sukarno saling menjunjung ide masing masing dalam penyampaian kampanye damai terkait penggunaan kata tertentu.

Pemilihan dan penggunaan kata kampanye yang menarik tentu dapat mempermudah masyarakat untuk mengingatnya sehingga kedua paslon pun tetap akan mempertahankan kata “nyawiji” saat kampanye mereka.

Kata nyawiji menjadi point perdebatan kedua paslon. Kubu Harjo (Hartanto-Joko Purnomo) bersikukuh bisa menggunakan kata nyawiji, karena menurut mereka bahwa kata apapun bebas digunakan.

Hartanto mengungkapkan deklarasi damai yang dilaksanakan hari ini (26/9/2020) yang dihadiri KPU Wonogiri juga belum menemui kesepakatan sebagaimana yang diinginkan masing-masing paslon.

Baca Juga:  Hajatan dan Hiburan di Sragen Dilarang, Karanganyar Bebas Namun Terapkan Protokol Kesehatan

Saling klaim penggunaan kata nyawiji menjadi arti penting bagi kedua paslon yang mana kata ini sebenarnya sudah pernah diperbincangkan sebelum diadakan deklarasi damai.

KPU Wonogiri sudah turun tangan sebelum hari H deklarasi damai untuk mendamaikan kedua paslon perihal penggunaan kata nyawiji.

Pasangan calon nomor urut satu, Hartanto-Joko Pramono (Harjo), memakai tagline “Nyawiji milih nomer siji” (bersatu memilih nomor satu) termasuk di media kampanye mereka yang sudah beredar.

Di sisi lain pasangan calon nomor urut dua, Joko Sutopo-Setyo Sukarno (Josss), juga sudah menggunakan branding yang memuat kata nyawiji, yakni “Go nyawiji sesarengan mbangun Wonogiri” (ayo bersatu bersama membangun Wonogiri).

Seperti diketahui bahwa kata “nyawiji” sudah familiar semenjak Joko Sutopo memimpin di Wonogiri. Ketua KPU Wonogiri, Toto Sih Setyo Adi, akhirnya menawarkan agar antar paslon dan tim bermusyawarah sebaik mungkin.

Tags: , , ,