Wahana Wisata Air Bengawan Solo Dirintis, Rudy : Sebelum Saya Pensiun Sudah Selesai!

Kabar gembira buat warga Soloraya, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo sedang dalam proses merintis wisata air di Sungai Bengawan Solo. Melalui wahana ini, warga bisa menumpang kapal berjarak 2,7 km dari Kampung Beton, Kelurahan Sangkrah, sampai Kampung/Kelurahan Pucangsawit.

Di Kampung Pucangsawit itulah, warga bisa menikmati kebun buah dan taman bermain. Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, mengatakan pengembangan wisata air tersebut masih dalam tahap persiapan.

Sejumlah sarana prasarana pendukung seperti bronjong batu penahan tanah, loket tiket serta pohon buah masih berproses. Orang nomor satu di Kota Solo yang akrab disapa Rudy itu menargetkan bahwa sebelum masa baktinya sebagai Wali Kota selesai, wahana baru di Bengawan Solo bisa dinikmati warga.

Baca Juga:  Nikmati Acara Solo Batik Music Festival 2022 di Pamedan Pura Mangkunegaran Solo 1-2 Oktober 2022

“Dari Beton ke sini (Pucangsawit), warga naik perahu, kemudian kembali ke Beton naik andong. Begitu pula sebaliknya,” Kata Rudy kepada media saat melakukan kunjungan ke Kampung Pucangsawit, Jumat (04/12/2020).

Rudy juga mengatakan saat ketinggian sungai naik, airnya sampai ke tepian tanggul sehingga tidak dibutuhkan dermaga, terutama saat musim penghujan.

Masyarakat sekitar sangat antusias dengan ikut bergotong–royong menata kawasan wahana wisata air itu. Pemkot juga bakal menugaskan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solo untuk menempatkan petugas saat operasional wahana tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Solo, Endah Sitaresmi Suryandari, mengaku sedang merancang masterplan untuk mendukung pengembangan wisata air tersebut.

Baca Juga:  Ekspedisi Gunung Chimborazo Malimpa UMS

“Kami akan fokus menata dan mengangkat nama Sungai Bengawan Solo. Ke depan, kami akan menata jalur pedestrian serta pembuatan taman bermain anak,” katanya.

Tags: , ,