Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin Dicekal Keluar Negeri

Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin Dicekal Keluar Negeri

Wakil Ketua DPR, Azis Syamsuddin, resmi dicekal ke luar negeri. Sesuai peraturan, pencekalan terhadap Azis Syamsuddin akan berlaku selama enam bulan ke depan.

Pada keterangan tertulisnya hari Jumat (30/4/2021), Tubagus Erif selaku Kepala Bagian (Kabag) Humas Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mengatakan, “Benar, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengajukan permohonan pencekalan Azis Syamsuddin kepada imigrasi”.

“Pencekalan berlaku terhitung sejak tanggal 27 April 2021,” ujar Erif.

Ia menambahkan bahwa pihaknya akan terus memperbaharui informasi selanjutnya jika ada perkembangan lebih.

Sebelumnya, sebagaimana diketahui, Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin dicegah untuk bepergian ke luar negeri oleh KPK.

Pencegahan Azis Syamsuddin terkait dengan kasus dugaan suap yang dilakukan Wali Kota Tanjungbalai kepada penyidik KPK.

Ketua KPK Firli Bahuri menjelaskan, pencegahan terhadap Azis untuk kepentingan penyidikan kasus yang sedang ditangani.

Tujuannya agar saat KPK membutuhkan keterangan saksi atau pihak yang diduga mengetahi atau pun terlibat dalam perkara korupsi tidak sedang berada di luar negeri.

Seperti yang diketahui, sosok Azis Syamsuddin terseret dalam kasus suap Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial kepada penyidik KPK Stephanus Robin Patujju. Perkara itu juga menjerat pengacara Maskur Husain. Azis yang juga wakil ketua umum Partai Golkar itu disebut memfasilitasi pertemuan kedua tersangka itu di rumah dinasnya pada Oktober 2020.

Penyidik KPK juga telah menggeledah ruang kerja Azis di Gedung Nusantara III Kompleks Parlemen, dan rumah dinasnya di Jalan Denpasar, Kuningan, Jakarta Selatan.

Tags: , ,