Wali Kota Solo Akan Siaran Perdana di Uji Coba TV Pendidikan Milik Pemkot

Wali Kota Solo Akan Siaran Perdana di Uji Coba TV Pendidikan Milik Pemkot

Pada hari Senin (19/10/2020) ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berencana akan menguji televisi (TV) pendidikan miliknya. TV pendidikan yang berada pada kanal 21 UHF tersebut akan melengkapi sarana pendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ) selain radio anak milik Pemkot, Konata selama pandemi Covid-19 ini.

FX Rudyatmo selaku Wali Kota Solo menjelaskan bahwa dalam uji coba televisi pendidikan tersebut, ia akan mengisi siaran perdana.

Pada hari Sabtu (17/10/2020) lalu, Rudy sapaan akrab Wali Kota Solo itu menuturkan, “Senin (hari ini) bapak dan ibu bisa menyaksikan saya dalam uji coba TV pendidikan Pemkot ini”.

Rudy juga menjelaskan bahwa TV yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) tersebut nantinya akan diisi dengan siaran-siaran bertajuk pendidikan. Di antaranya yakni siaran ulang dari simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) yang dilakukan sekolah yang menyelenggarakannya.

Baca Juga:  Angka Kemiskinan di Solo Naik Jadi 9 Persen Akibat Pandemi

Rudy menjelaskan, “Paginya PTM direkam, sorenya ditayangkan di TV pendidikan ini. Jika ini dijalankan, maka pendidikan juga akan lebih merata karena siswa dari sekolah mana pun akan memperoleh materi yang sama”.

Kehadiran TV ini melengkapi radio anak milik Pemkot yang sudah diluncurkan pada sebelumnya yakni Radio Konata.

Diharapkan, kedua media tersebut menjadi sarana pendukung PJJ bagi sekolah selain yang dilakukan oleh para guru melalui berbagai platform digital.

Mengingat masih banyak siswa yang belum memperoleh pendidikan secara maksimal karena terkendala alat komunikasi/gadget.

Terkait alat komunikasi gadget, Rudy menjelaskan bahwa terus mengupayakan pemenuhan target 1.500 unit ponsel pintar gratis kepada siswa yang keluarganya benar-benar tidak memilikinya.

Baca Juga:  Akhir Bulan Ini, Nasib Tim Persis Solo Ditentukan

Menurutnya, hingga saat ini ia sudah menyalurkan sekitar 600 unit ponsel pintar kepada siswa SD dan SMP. Ponsel tersebut berasal dari dermawan yang peduli dengan pendidikan di Kota Solo.

Ia menjelaskan, “Harapan saya setiap Jumat saya bisa menyerahkan bantuan ponsel ini kepada murid-murid khusus bagi yang benar-benar membutuhkan. Sekarang sudah sekitar 600 yang saya serahkan, semoga selebihnya akan segera terpenuhi,” paparnya.

Rudy juga memastikan bahwa pelaksanaan pembelajaran tatap muka PTM akan dimulai 2 Januari 2021.

Tags: , ,