Wali Kota Solo: Daripada Demo Lebih Baik Tempuh Jalur Hukum

Wali Kota Solo: Daripada Demo Lebih Baik Tempuh Jalur Hukum

FX Hadi Rudyatmo -Wali Kota Solo- ikut memberikan tanggapannya soal UU Cipta Kerja atau yang lebih populer disebut Omnibus Law yang telah ditetapkan oleh DPR RI.

Rudy sapaan akrab Wali Kota Solo itu, meminta agar UU yang telah ditetapkan oleh DPR RI tersebut diuji melalui Mahkamah Konstitusi (MK).

Pada hari Sabtu (10/10/2020) ini, Rudy menuturkan, “Alangkah baiknya ditempuh melalui jalur hukum dengan melakukan gugatan ke MK. Itu jauh lebih baik”.

Menurutnya, aksi unjuk rasa penolakan terhadap pengesahan UU tersebut terjadi di seluruh Indonesia. Maka sangat wajar bila seluruh gubernur menyampaikan surat dan menyalurkan aspirasi warganya kepada Presiden Jokowi.

Rudi menambahkan, “Kalau kepala daerah dalam hal ini gubernur menyampaikan surat kepada presiden, maka apa yang dilakukan gubernur dalam konteks mengelola aspirasi warganya. Itu sah. Kepala daerah harus mau dan mampu mengelola aspirasi masyarakatnya”.

Baca Juga:  Tak Berizin dan Berkerumun, Lomba Mobile Legends di Solo Dibubarkan

Untuk Solo sendiri, Pemkot Surakarta menyerahkan sepenuhnya kepada Gubernur Jawa Tengah untuk menyampaikan hal tersebut kepada presiden.

Hanya saja Rudy mengingatkan bahwa UU yang telah ditetapkan oleh DPR RI tersebut belum sepenuhnya dapat diterapkan.

Ia menjelaskan, “Belum tentu UU tersebut dapat dilaksanakan dalam waktu dekat. Karena UU tersebut masih perlu dijabarkan lagi, baik melalui PP serta berbagai peraturan lainnya hingga ke tingkat kabupaten. Maka sekali lagi saya katakan, langkah terbaik adalah menempuh jalur hukum,” tandasnya.

Tags: , ,