Warga Bisa Jajal KRL Yogya-Solo Dengan Biaya Rp 1

Warga Bisa Jajal KRL Yogya-Solo Dengan Biaya Rp 1

Mulai tanggal 20-31 Januari, PT Kereta Api Indonesia (persero) melalui PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) akan melakukan uji coba terbatas pengoperasian KRL Yogya-Solo.

Sementara bagi kalangan masyarakat dapat ikut mencobanya dengan tarif Rp 1 mulai tanggal 1-7 Februari.

Pada hari Selasa (19/1/2021) kemarin, Wiwik Widayanti selaku Direktur Utama PT. KCI mengatakan, “Rencana uji coba terbatas, ini sesuai dengan beberapa keputusan yang sudah ditetapkan ya, jadi tanggal 20 Januari sampai 31 Januari akan dilakukan uji coba terbatas bersama instansi pemerintah, stakeholder, media, komunitas dan pegiat sosial media”.

Uji coba tersebut dilakukan guna menguji sistem secara keseluruhan, baik dari sisi komersial, pelayanan hingga pengoperasian KRL.

Baca Juga:  Proyek Revitalisasi Jembatan Mojo Sudah Dimulai, Hanya Kendaraan Roda 2 yang Bisa Lewat

Mengenai tarif sudah ditetapkan oleh Ditjen Perkeretaapian Kemenhub RI yakni Rp 1.

Wiwik menambahkan, “Kemudian tanggal 1 Februari masyarakat dapat mengikuti uji coba, tarifnya juga sama Rp 1, yang pasti harus memiliki tiket berupa KMT, kartu bank, counter pay“.

Disamping itu, Prameks yang hanya berhenti di 7 stasiun sekarang beroperasional hingga 11 stasiun KRL dari Yogyakarta, Lempuyangan, Maguwo, Prambanan, Srowot, Klaten, Ceper, Delanggu, Gowok, Purwosari dan Solo Balapan.

Wiwik menuturkan, “Jadi monggo (silakan) semua yang ingin mencoba KRL di ujicoba mulai tanggal 1-7 (Februari) dapat melakukan pendaftaran secara online. Sehingga dapat mencoba dan mendapat pengalaman baru dalam menggunakan KRL sebagai moda transportasi”.

Baca Juga:  Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Hampir Selesai, Kapan Peresmiannya?

Namun demikian, untuk jurusan Kutoarjo-Solo masih menggunakan Kereta Rel Diesel (KRD). Mengingat untuk KRL baru melayani rute dari Yogya-Solo.

“KRD Kutoarjo-Solo balapan Rp 15 ribu. Kemudian KRL listrik Yogyakarta sudah ditetapkan Kemenhub untuk Yogya-Solo tarifnya Rp 8 ribu,” katanya.

Wiwik juga menjelaskan, “Kutoarjo-Yogya Rp 8 ribu dan Yogya-Solo Rp 8 ribu. Jadi kalau KRD Prameks Kutoarjo-Yogya ini kan ada pembatasan kuota tiket, kalau KRL Yogya-Solo tidak ada pembatasan tiket, tapi kuota tetap menyesuaikan protokol kesehatan”

Tags: , ,