Warga Jerman Bisa Mengganti KTP Mereka Dengan HP Ini. Canggih!

Warga Jerman Bisa Mengganti KTP Mereka Dengan HP Ini.

Perusahaan teknologi dari Korea Selatan, Samsung telah mengumumkan bahwa mereka bekerjasama dengan German Federal Office for Information Security (BSI), Bundesdruckerei (bdr) dan Deutsche Telekom Security.

Hasil dari kerjasama ini adalah untuk menyimpan kartu tanda kewarganegaraan Jerman dalam format elektronik (eID). Namun, fitur ini hanya akan tersedia pada beberapa ponsel Samsung, yakni seri Galaxy S20.

Ini adalah smartphone pertama yang mampu berfungsi sebagai ID resmi di negara-negara Eropa. Untuk mengaktifkan fungsi ini, mereka harus mengunduh aplikasi Mobile ID yang dibuat oleh bdr melalui Play Store yang akan tersedia akhir tahun ini.

“Kami sangat bangga bahwa seri Galaxy S20 kami adalah lini pertama perangkat seluler untuk memenuhi standar keamanan setinggi yang ditetapkan oleh BSI. Kami selalu berusaha untuk menawarkan tingkat perlindungan tertinggi yang mungkin bagi pengguna kami,” kata Daniel Ahn, Corporate SVP dan Kepala Tim Keamanan di Bisnis Komunikasi Seluler, Samsung Electronics dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Business Insider, Minggu (26/7/2020).

Baca Juga:  Gergaji Mobile Buatan SMK Kristen 2 Solo Siap Dipasarkan

“Ketika kami terus bergerak menuju digitalisasi, tujuan kami adalah untuk memastikan bahwa pengguna seluler di seluruh dunia dapat menikmati layanan baru ini dengan ketenangan pikiran, mengetahui bahwa kami akan menjaga mereka tetap aman,” tambah Ahn.

Layanan eID hanya akan ditawarkan di negara-negara yang mengeluarkan kartu ID dengan dukungan NFC.

Jajaran Samsung Galaxy S20, termasuk Galaxy S20, Galaxy S20 + dan Galaxy S20 Ultra, akan menjadi smartphone pertama yang mematuhi kerangka kerja keamanan EID BSI untuk penggunaan berdaulat.

Menurut perusahaan, dalam hal keamanan, keluarga Galaxy S20 telah memasukkan Secure Element (eSE) yang menyimpan semua data sensitif pada prosesor terpisah di dalam ponsel dengan isolasi dan perlindungan yang memadai terhadap serangan perangkat keras.

Baca Juga:  Uni Emirat Arab Resmikan Nama Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi

Sementara itu, Apple juga berencana untuk meningkatkan program kartu ID digitalnya. Mereka memungkinkan warganya untuk menyimpan dokumen fisik seperti kartu perpustakaan, kartu SIM, paspor dan dokumen lain yang digunakan untuk verifikasi.

Sejumlah aplikasi paten telah diajukan, semua dengan nama identitas pengguna yang terverifikasi.

Tags: , , ,