Warga Solo Boleh Berjualan Takjil di Rumah Dinas Gibran

Warga Solo Boleh Berjualan Takjil di Rumah Dinas Gibran

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengizinkan rumah dinasnya, Loji Gandrung sebagai pusat penjualan takjil saat Ramadan. Penjualan takjil di rumah dinas yang berlokasi di Jalan Slamet Riyadi Solo tersebut, khusus di hari Sabtu dan Minggu.

Pada hari Jumat (16/4/2021), putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebbut mengatakan, “Teras dan halaman depan Loji Gandrung boleh buat jualan takjil”.

Gibran mengaku masih berkoordinasi dengan lurah maupun camat.

Tujuannya untuk memastikan para pelaku usaha kuliner di setiap kelurahan memiliki kesempatan berjualan di lokasi tersebut.

“Ini baru diatur. Biar tiap kelurahan dan kecamatan kesempatan berjualan takjil,” ujarnya.

“Kemarin sudah digambar (pengaturan tempat berjualan). Kalau ramai ya saya bikin sampai Lebaran,” katanya.

Meski demikian, ia tetap mewajibkan para penjual mengemas makanan dan minuman supaya lebih higienis.

Kebijakan tersebut merupakan bagian dari usaha Pemkot Solo untuk memulihkan kondisi ekonomi dari dampak pandemi Covid-19.

Sementara itu, Herwin Nugroho selaku Kepala Bagian Umum Setda Pemkot Solo menyampaikan bahwa ada 40 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang berjualan takjil di Loji Gandrung.

Hermin mengatakan, “Besok dicoba Sabtu dan Minggu antusiasnya masyarakat seperti apa”.

Pihaknya mengatakan kegiatan itu sebagai salah satu pemulihan ekonomi di Solo. Terlebih juga adanya kelonggaran surat edaran wali kota tentang PPKM mikro.

Terkait pengawasan, akan ada petugas yang mobile di lokasi untuk mengingatkan protokol kesehatan.

“Akan ada petugas. Disediakan hand sanitizer, petugas akan akan mobile mengingatkan tidak boleh berkerumun, tetap menjaga jarak dan pakai masker,” jelasnya.

Herwin juga menyampaikan, “Hari Sabtu dan Minggu besok uji coba. Kalau antusiasme bagus, prokes (protokol kesehatan) tetap dijaga, rencananya akan dilanjutkan. Untuk jualannya mulai pukul 15.00-18.00 WIB”.

Tags: , ,