Warga Solo Mulai Rasakan Penurunan Tarif Dasar Listrik Pada Bulan Ini

Warga Solo Mulai Rasakan Penurunan Tarif Dasar Listrik Pada Bulan Ini

Pada bulan Oktober ini, warga Kota Solo dan sekitarnya sudah bisa merasakan penurunan tarif dasar listrik yang mulai berlaku.

Mereka merasakan pemakaian listriknya menjadi lebih hemat dibanding pada bulan-bulan sebelumnya.

Endah, salah satu warga Solo mengungkapkan bahwa sudah bisa merasakan penurunan tarif listrik tersebut.

Endah menuturkan, “Biasanya pulsa listrik Rp 200 ribu habis tepat dua pekan. Tapi saat ini, pulsa listrik dengan nilai yang sama bisa digunakan lebih dari dua pekan”.

Selama ini, ia menggunakan listrik rumah tangga berdaya 1.300 VA. Ia juga mengaku bahwa cukup gembira karena alokasi belanja bulanan untuk membeli pulsa listrik menjadi berkurang.

Menurutnya, kebijakan tersebut cukup membantu masyarakat dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Baca Juga:  Jika Terpilih Nanti, Bajo Janjikan Bangun Kereta Bawah Tanah, Jalan Layang, Hingga Rusun

“Cukup senang dengan penurunan tarif ini,” ujarnya.

Seperti yang diketahui, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menurunkan tarif listrik bagi tujuh golongan.

Kebijakan tersebut diambil sesuai arahan menteri ESDM terkait soal penurunan tarif adjustment untuk pelanggan pada golongan rendah.

Maka harga per KWh untuk tarif golongan rendah yang sebelumnya Rp 1.467 per kWh, kini turun menjadi Rp 1.444,70 per kWh. Atau turun Rp 22,5 per kWh. Penetapan ini berlaku terhitung sejak Oktober hingga Desember tahun ini.

Keputusan tersebut diambil pemerintah dengan mempertimbangkan kondisi ekonomi masyarakat akibat terdampak dari pandemi Covid-19 dan juga sebagai bentuk negara hadir untuk memberikan kemudahan dan solusi bagi para pelanggan listrik.

Tarif yang lebih murah ini diberikan kepada tujuh golongan pelanggan. Yaitu R-1 TR 1.300 VA, R-1 TR 2.200 VA, R-2 TR 3.500 VA -5.500 VA, R-3 TR 6.600 VA, B-2 TR 6.600 VA – 200 kVA, P-1 TR 6600 VA – 200 kVA dan P-3 /TR.

Baca Juga:  Pasien Covid-19 Tetap Bisa Nyoblos Saat Pilkada Berlangsung

Untuk pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA mendapatkan diskon 100 persen alias gratis dan untuk pelanggan rumah tangga dengan daya 900 VA bersubsidi mendapatkan diskon 50 persen, yang sudah dimulai sejak April 2020 lalu.

Dengan adanya penurunan tersebut, pemerintah dan PT PLN (Persero) ingin memberikan ruang untuk pelanggan golongan rendah agar dapat lebih banyak memanfaatkan listrik untuk menunjang kegiatan ekonomi serta dalam kegiatan kesehariannya.

Tags: , ,