Waspada Penipuan Lowongan Kerja di Masa Covid-19

waspada penipuan online

Surakarta, SOLORAYA.ID – Pelaku kejahatan yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan sendiri tanpa kenal empati menjadi bahan yang harus diperhatikan masyarakat sekarang mengingat saat ini, sulitnya mencari pekerjaan akibat adanya Covid-19.

Para pencari kerja harus waspada, ketika membaca lowongan kerja di internet, selebaran, atau postingan dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Target loker palsu biasanya mengincar para job seeker yang tidak paham dunia phishing.

“Phising merupakan kejahatan dunia siber yang seolah datang dari pihak yang memiliki otoritas tertentu dalam berbagai sektor publik yang keberadaannya cukup terkenal” tutur Hendra Lesmana, CEO NTT Ltd.

Rencana penipuan yang telah terstruktur dan minim pengetahuan para pencari kerja, serta daya kritis untuk mendalami suatu informasi, maka dapat mempercepat menjerumuskan seseorang terperangkap jaringan penipu, terutama pada masa Covid-19 yang membuat sulit mencari pekerjaan.

Baca Juga:  Perjalanan Satu Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin

Tingkat penipuan secara online, berdasarkan data yang diungkapkan Kasat Reskrim Polres Sleman, AKP Deni Irwansyah meningkat selama masa pandemi dari laporan masyarakat.

Penyebab peningkatan ini seiring dengan kebijakan yang mengarahkan masyarakat agar tetap di rumah, untuk menekan penyebaran Covid-19, imbasnya masyarakat menjadi lebih intens dalam membuka media sosial dan berselanjar di dunia maya, seperti mencari lowongan kerja.

“Kebutuhan terhadap platform digital akan terus meningkatkan selama pandemi masih berlanjut, seperti yang dituturkan oleh Adjunct Researcher Centre for Digital Society (CfDS) Universitas Gadjah Mada (UGM) Tony Seno Hartono. Selalu waspada karena sumber kejahatan bisa bersumber dari smartphone yang anda gunakan. **

Tags: , ,