Wawali Kota Solo Purnomo Positif COVID-19, Pejabat Pun Harus Tes Corona

Sebanyak 18 anggota DPRD Kota Solo akan menjalani tes virus corona lewat swab test, Sabtu (25/7/2020) hari ini. Termasuk Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo.

Sebab mereka sempat rapat paripurna bareng dengan Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo yang terkonfirmasi positif virus corona.

Presiden Joko Widodo dan anaknya, Gibran Rakabuming Raka pun jalani tes corona. Tapi belum keluar hasilnya.

Gedung DPRD Solo langsung disemprot disinfektan. Orang nomor dua di Pemkot Solo itu pada Rabu (22/7/2020) lalu mengikuti rapat paripurna DPRD.

“Total 21 orang akan test swab besok (Sabtu). Terdiri atas 18 anggota DPRD termasuk saya, Pak Wali, dan dua orang dari Sekretariat DPRD,” kata dia

Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo menjelaskan sekitar 18 legislator akan menjalani swab test pada Sabtu (25/7/2020) pagi. Peseta swab test termasuk Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, Sekretaris DPRD Solo Puguh Priyadi, dan satu orang staf Sekretariat DPRD.

Baca Juga:  Tak Berizin dan Berkerumun, Lomba Mobile Legends di Solo Dibubarkan

Mereka akan menjalai swab test karena sempat kontak dengan Wawali saat rapat paripurna DPRD pada Rabu lalu.

Selain Budi, anggota DPRD Solo yang akan mengikuti swab test menyusul informasi Wakil Wali Kota Solo positif Covid-19 pada Sabtu yakni Teguh Prakosa. Teguh ikut berbincang dengan Wawali saat menunggu dimulainya rapat paripurna, Rabu.

Ada enam orang yang berbincang santai saat itu.

“Pak Wali Kota juga ikut duduk-duduk dan berbincang dengan kami dan Pak Wawali sebelum paripurna. Jadi akan ikut swab test. Sebanyak 21 orang yang akan menjalani swab test ini hasil tracing dari video rekaman saat paripurna,” sambung dia.

Teguh Prakosa diminta tanggapan Solopos.com mengakui ikut berbincang dengan Achmad Purnomo pada Rabu. Selain dirinya, ada juga beberapa legislator DPRD Solo saat itu yakni Sugeng Riyanto, Honda Hendarto, dan Achmad Sapari.

Seperti diberitakan, Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dikabarkan terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil swab test yang dilakukan akhir pekan lalu.

Baca Juga:  Kasus Covid di Boyolali Tembus 1.020 Orang

Informasi tersebut disampaikan salah seorang anggota DPRD Solo, Jumat (24/7/2020).

“Informasinya Wakil Wali Kota Solo terkonfirmasi positif Covid-19. Mungkin bisa dicek ke gusgas,” kata legislator yang minta dirahasiakan namanya itu.

Saat dimintai konfirmasi, Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Solo, Ahyani, serta Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo Siti Wahyuningsih, membenarkan informasi Wawali Solo Purnomo positif Covid-19.

Sementara Purnomo, saat dihubungi wartawan, Jumat, mengaku mendapat informasi dirinya positif Covid-19 pada Kamis (23/7/2020) sore.

“Coba tanya kepala dinas [kesehatan Kota Solo] saja, saya kan dua kali [tes swab] yang pertama negatif yang kedua kok kabarnya tendensi positif lha saya ndak berani cerita. Nyuwun priksa kepala dinas Bu Ning saja. Ini hasilnya saya tunggu kok,” ungkap dia.

Tags: , ,