Wawali Solo Positif Covid-19, Wali Kota Solo Jalani Tes Swab

Wawali Solo Positif Covid-19, Wali Kota Solo Jalani Tes Swab

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo menjalani tes swab, hari Sabtu (25/7/2020), menyusul terkonfirmasinya Wawali Solo Achmad Purnomo positif tertular Covid-19. Tes swab Wali Kota Solo dilakukan di lingkungan Setda Solo Sabtu pagi. Selain itu, tes swab kontak dekat Wawali Solo juga dilaksanakan di Rumah Sakit Bung Karno (RSBK) Solo.

“Karena saya sering kontak dengan Pak Wakil, tidak ada salahnya semua yang kontak dengan Pak Wakil di-swab untuk hari ini. Mudah- mudahan hasil swab nanti baik sehingga kebijakan-kebijakan yang harus saya lakukan, pelayanan-pelayanan yang harus saya jalankan bisa berjalan seperti biasanya,” ujarnya.

Selain Wali Kota Solo, istri Wali Kota Endang Prasetyaningsih, Sekda Solo Ahyani, dan pejabat Pemkot Solo lainnya, termasuk sopir dan ajudan juga dijadwalkan mengikuti uji swab pada hari ini.

Baca Juga:  FX Rudy Ingatkan Gibran Untuk Pertajam Data soal Stunting di Jelang Debat Kedua

“Saya, Bu Ning Kepala Dinas (DKK Solo Siti Wahyuningsih), istri saya, Pak Sekda, Pak Min, Pak Nirwan (di-swab). Mungkin banyak lagi yang di-swab di RSBK,” lanjutnya.

Sebelum dikabarkan, Sekretaris Daerah Solo, Ahyani, menyebut status Wawali, Achmad Purnomo, yang dikabarkan positif Covid-19 plus-minus. Ahyani mengatakan Wawali harus menjalani isolasi mandiri di rumah. Hal tersebut karena berdasarkan hasil swab test orang nomor dua di Pemkot Solo tersebut, menurut Ahyani, plus-minus

“Beliau harus isolasi mandiri, perlu istirahat, capai. Kemarin katanya status (Purnomo) plus-minus,” ujar dia, hari Jumat (24/7/2020).

Istilah status plus-minus seperti yang digunakan Sekda untuk menyebut kondisi Wawali Solo selama ini tidak dikenal dalam penanganan Covid-19. Istilah yang digunakan selama ini positif atau negatif Covid-19.

Baca Juga:  Nekat Mudik Ke Solo Saat Libur Panjang, Siap-siap Dikarantina di Benteng Vastenburg

Namun Ahyani menggunakan istilah plus-minus untuk menyebut status Purnomo. Ketika dimintai ditanya lebih oleh wartawan ihwal status Purnomo tersebut, Ahyani tetap bersikukuh dengan pernyataannya.

“Kata Bu Ning (Purnomo) diambang, plus minus, sehingga disuruh istirahat saja. Diambang meragukan,” tutupnya

Tags: , , ,