Yura Yunita, Melejit Saat Kemunculan Perdananya

Yunita Rachman atau dikenal dengan nama Yura Yunita adalah penyanyi solo dan penulis lagu kelahiran Bandung, 29 tahun yang lalu ini memang memiliki bakat bermusik sejak kecil karena dirinya lahir dari keluarga yang kental dengan dunia musik.

Dirinya memulai karir pada tahun 2014 silam dan almarhum Glenn Fredly menjadi executive produsernya. Di tahun 2014 itu juga, dirinya merilis album pertama berjudul Yura dan menjadi salah satu  6 besar Album Indonesia Terbaik menurut majalah Rolling Stone Indonesia.

Setelah merilis album, di tahun yang sama pula, Yura yang merupakan lulusan Fakultas Komunikasi, Universitas Padjajaran Bandung ini sukses menggelar konser tunggal dengan tema Konser Balada Sirkus yang diambil dari tembang pertamanya berjudul “Balada Sirkus” pada bulan September 2014. Konser ini direspon luar biasa oleh penggemarnya dimana tiket konser terjual habis.

“Balada Sirkus” adalah single yang diciptakan oleh Yura sendiri, mengisahkan percintaan antara pemain akrobat dengan orang yang dicintainya. Dalam video klip “Balada Sirkus” itu, Yura juga menjadi sutradaranya. Video klip perdananya ini benar-benar digarap dengan cara yang unik dalam balutan sirkus seperti judul lagunya.

Baca Juga:  KPK Setorkan Uang Pengganti Rp 2,365 Miliar dari Eks Pejabat Dinas PUPR Muara Enim

Di tahun 2014 pula, Yura merilis single kedua yang berjudul Cinta dan Rahasia yang dia nyanyikan secara duet dengan almarhum Glenn Fredly. Lagu ini meledak karena banyak diputar di radio dan berhasil menduduki perintkat atas sebagai lagu yang paling banyak diputar di radio-radio Indonesia. Di album Yira tersebut, ada single Yura yang berbahasa Sunda dikemas dengan alunan jazz dan broadway yang modern.

Pada tahun 2015, Yura juga masuk ke dalam 3 nominasi di acara Indonesia’s Choice Awards 2015 untuk kategori Best Female Singer, Breakthrough Artist of The Year, Song of the Year “Cinta & Rahasia”. Diawal tahun 2015, ia menjadi pengisi utama International Java Jazz Festival 2015.

Pada tahun 2016, Yura mengeluarkan single pertama di album kedua nya yang diberi judul Intuisi. Intuisi membuat Yura memenangkan Penghargaan Pencipta lagu terbaik di penghargaan Anugerah Musik Indonesiapada tahun 2017 dan menjadi Penyanyi solo wanita terbaik.

Baca Juga:  Gubernur Jawa Tengah Umumkan UMK 2021 di 35 Kabupaten/Kota, Berikut Daftarnya

2018 menjadi tahun penting untuk Yura karena pada tahun itu, Yura mendirikan label independen sendiri AYURA . Single yang dikeluarkan adalah “Harus Bahagia,” “Takkan Apa,” “Buka Hati” dan Album Merakit.

Pada perhelatan Prambanan Jazz Festival (PJF) 2020 kali ini yang digelar secara virtual pada hari Sabtu-Minggu (31 Oktober – 1 November), Yura Yunita bakal menemani minggu malam para sobat Soloraya dengan suaranya yang khas. Dirinya akan tampil bareng penyanyi lainnya, seperti Ardhito Pramono, Nadin Amizah, Andmesh, Theeverydayband, dan Pamungkas

Konser ini akan disiarkan di beberapa platform, yaitu di saluran iKonser UseeTV (Channel 459 SD | 949 HD), bisa juga melalui aplikasi iKonserApps dan UseeTV Go, serta bisa mengakses ke www.tiketapasaja.com.

Untuk bisa mengakses PJF 2020, Sobat Soloraya harus membeli tiket terlebih dahulu ke www.tiketapasaja.com

Tags: , ,